Resensi Novel "Bumi Manusia"

 

Review Novel Bumi Manusia Halaman 1 - Kompasiana.com

 

Identitas Novel
Judul Buku : Bumi Manusia
Penulis : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Hasta Mitra (PT Jakarta - Amsterdam Jalan PLN 36, Pancoran Jakarta Selatan, Indonesia)
Tahun Terbit : Cetakan pertama Agustus 1980, cetakan kedua September 1980
Jumlah Halaman : 535 halaman

Sinopsis 

Bumi Manusia adalah sebuah novel fiksi dengan genre drama history yang memiliki setting di kehidupan periode penjajahan Belanda. Dalam buku ini, dikisahkan pula kehidupan seorang pemuda Pribumi bernama Minke. Minke bersekolah di H.B.S atau Hogere Burgerschool, yaitu setingkat dengan Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan hanya diperuntukan bagi orang Eropa, Belanda, dan Elite Pribumi.


Kelebihan

Apabila dilihat dari penulisan, novel Bumi Manusia sangatlah bagus. Setiap peristiwa ditulis selaras dan penuh arti. Pada tiap-tiap bab pun diceritakan dengan pembabakan yang gamblang meskipun sesekali terjadi perubahan point of view atau sudut pandang orang pertamanya, seperti dari Minke ke Annelise, kemudian menuju Nyai Ontosoroh.

Namun, terlepas dari itu, jalannya cerita tetap mudah dipahami, bahkan menambah wawasan akan pembangunan pada tiap karakter atau tokoh dalam cerita di novel ini.

 

Kekurangan

Di balik semua keunggulan atau kelebihan novel yang ditulis oleh Pram ini, tentu ada sisi kelemahannya. Hal itu ditandai dengan banyaknya istilah-istilah atau kaidah bahasa yang kurang familier di pikiran atau kehidupan para pembaca di zaman sekarang.

Sehingga para pembacanya berkemungkinan mengalami kesukaran dalam memaknai istilah atau kaidah bahasa yang ada di dalam cerita.


Ardian Maulana Pratama

XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar