Resensi Novel Dear J

 


Nama: Laura Thania Hartanto

Kelas: XI MIPA 5

Absen: 17


Identitas Novel

Judul Novel: Dear J

Penulis: Lilaclullaby

Penerbit: Self publishing

Halaman: 483

Terbit: Tahun 2018


Sinopsis:

Dear J adalah novel yang menceritakan tentang seorang pemuda bernama Na Jaemin. Laki-laki “tak sempurna” yang dipandang sebelah mata karena kekurangannya, ia seorang tunawicara, ia bisu. Jaemin sebagai murid transfer masuk ke kelas Jung Jeha, kekasih Lee Jeno.

 

Kelebihan:

Cerita ini berhasil menguras emosi. Masing-masing tokoh memiliki karakter dan kesan yang kuat sehingga mempengaruhi emosi pembaca terhadap setiap tokoh. Gaya penulisan dan alur cerita yang tidak bisa membuat novel ini sangat membekas di hati para pembaca. Selain itu, banyak pelajaran yang bisa didapat dari novel ini. Novel ini mengajarkan hebatnya rasa ikhlas dan saling menghargai.


Kekurangan:

Adegan dalam cerita terlalu kejam. Walaupun alur cerita yang dibuat menarik, beberapa adegan di dalam novel terkesan sangat berlebihan dan brutal. Cerita ini tidak cocok untuk pembaca seumuran SD-SMP. Konflik dalam novel ini juga terasa diulur-ulur. Akan lebih baik jika penulis fokus pada konflik yang terjadi dan tidak diulur-ulur yang membuat kesal saat membaca karena tidak segera mencapai klimaks. Terdapat beberapa kata yang tidak baku. Meskipun dicetak secara self-publishing, ternyata tetap tidak ada perbaikan dalam bahasa. Versi cetak dan Wattpad sama persis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar