Resensi Novel Koala Kumal


 Identitas Novel

✿ Judul: Koala Kumal

✿ Penulis: Raditya Dika

✿ Penerbit: Jakarta, Gagas Media

✿ Kategori: fiksi Indonesia

✿ Tahun terbit: Januari 2015

Pendahuluan

Dika Angkasaputra Moerwani yang kita kenal dengan nama Raditya Dika merupakan seorang penulis, komika, aktor, dan sutradara tanah air. Pada awalnya, nama Raditya Dika dikenal lewat novel jenaka berisi kisah perjalanan hidup yang semula hanya dipost lewat blog pribadinya.

Dia sudah cukup banyak merilis novel dengan genre komedi. Tidak sedikit juga karyanya yang diadaptasikan menjadi film seperti Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan lainnya. Dimana Raditya berperan sebagai tokoh utamanya dan memegang peran penting di balik film tersebut. 

Dia juga dikenal melalui partisipasinya di acara "Stand Up Comedy".

Sampai sekarang pun Raditya Dika masih aktif mengeluarkan karyanya. 

Sinopsis

Novel Koala Kumal ini menceritakan tentang kehidupan penulis, yaitu Raditya Dika sendiri yang

dikemas dengan tema komedi dan cerita yang disajikan berasal dari cerita nyata alias pengalaman Radit sendiri. Di dalam novel Koala Kumal terdiri dari 12 bab yang menceritakan tentang patah hati, tetapi dengan kondisi yang berbeda-beda, ada patah hati oleh sahabat, orang tanpa nama, dan lainnya.

Nah di bab terakhir yang berjudul Koala Kumal menceritakan tentang mantan yang dulu telah memutuskan Dika secara sepihak, namun ia ingin kembali dan menyesal telah putus darinya. Namun, kali ini Dika menanggapi secara berbeda yaitu menanggapi dengan cara yang lebih dewasa.

Kelebihan

✿ Novel ini sangat seru karena para pembaca benar-benar bisa merasakan apa yang diceritakan penulis. Ada cerita tentang pertemanan, keluarga, bahkan percintaan yang dibalut komedi. Novel ini sangat cocok dibaca bagi penggemar yang menyukai novel yang ringan dan santai. 

✿ Pemilihan katanya pas dan terasa santai (kebanyakan menggunakan bahasa sehari-hari) sehingga pembaca merasa seperti sedang diceritakan secara langsung. Serta cerita-ceritanya yang unik dan lucu tapi penuh makna membuat pembaca terhibur. 

✿ Karena buku ini ditulis dari pengalaman pribadi penulis, ada beberapa cerita yang membuat pembaca kepo bagaimana kejadian di kehidupan aslinya. Contohnya seperti pembuatan serial "Malam Minggu Miko" yang hasilnya bisa dilihat di kanal YouTube Raditya Dika.

Kekurangan

✿ Menurut saya ada beberapa bab yang di bagian akhirnya masih terasa menggantung, saya pribadi kurang suka dengan cerita yang endingnya "nggantung". Saya merasa,  di beberapa bab dalam novel ini, belum bisa mencerna apa kesimpulan dari ceritanya/pesan yang ingin disampaikan penulis. Hal itulah yang belum bisa saya tangkap.

✿ Ada juga beberapa kata yang kurang pantas untuk ditampilkan. Mungkin maksud penulis untuk sekedar hiburan, tetapi beberapa orang bisa saja tidak nyaman saat membaca. Sehingga lebih baik bisa lebih dipilah-pilah kata-katanya.


Davina Mumtaza KKP (7) - XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar