Resensi Novel Nebula karya Tere Liye



Identitas buku
Judul Buku : Nebula

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gamedia Pustaka Utama

Cetakan : 2020 (Cetakan Pertama)

Tebal : 375 Halaman

ISBN : 9786020639543

 

Sinopsis

Buku yang berjudul Nebula ini adalah buku ke sembilan dari serial petualang dunia pararel. Novel ini adalah kelanjutan dari buku Selena yang mengisahkan tentang kehidupan Selena, Mata dan Tazk di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi. Jika di Buku Selena mengisahkan tentang perjalanan mereka di tahun pertama maka buku ini menceritakan kelanjutan tentang tahun-tahun berikutnya dan sesuai judulnya buku ini juga mengisahkan tentang perjalanan ketiga sahabat di Klan Nebula, Petualangan pada buku ini dimulai ketika sekembalinya Selena, Mata dan Tazk dari liburan semester. Ketika itu Mata menginap di Kota Tisri bersama Selena karena salah satu sepupu Selena menikah. Saat mereka hendak kembali memulai semester baru mereka bertemu Tazk di Stasiun Kota Tisri mereka terlambat dan memutuskan untuk mencuri salah satu gerbong kereta. Mereka kembali menghebohkan aula saat penyambutan mahasiswa baru di Aula ABTT karena kedatangan mereka dan kejadian tersebut membuat Mater OX marah dengan ciri khasnya yaitu meneriakkan "dasar bulan sabit gompal".

Selanjutnya berbagai kejadian lucu juga mewarnai petualangan mereka. Hal ini tidak lain karena tingkah para tokoh terutama Selena yang kerap nyeleneh dan suka melanggar aturan. Tahun-tahun di ABTT berjalan dengan cepat mereka disibukkan dengan kegiatan belajar dan berlatih kekuatan mereka. Selama waktu yang terus berjalanan tersebut Selena sering berinteraksi dengan Tazk. Perasaan Selena terhadap Tazk semakin besar walaupun beberapa kali Boh (Salah satu teman satu angkatan mereka) mengatakan bahwa Tazk menyukai orang lain bukan Selena.


Dalam masa-masa itu juga Selena diam-diam mencari tahu tentang keberadaan cawan keabadian atas perintah Tamus, kemudian ia dibantu Tazk karena tertarik tentang perjalanan antar dunia Paralel. Setelah kematian kakeknya ia menemukan fakta tentang kejahatan yang pernah dilakukan kakeknya, di kemudian hari mereka tau bahwa cawan tersebut terdapat di Klan Nebula.

Mereka merencanakan untuk menyelinap ke Klan Nebula ketika mereka sedang menjalani program semacam KKN di Distrik Sungai Jauh. Pada buku ini menceritakan fakta tentang Mata yang merupakan keturunan murni bahkan untuk dapat sampai ke Klan Nebula Mata merupakan orang yang membuka pintu Klan tersebut.

 

Dalam petualangan mereka di Klan Nebula mereka mengetahui tentang cerita perjalanan Klan Aldebaran yang merupakan asal- usul orang-orang yang memiliki kekuatan yang tersebar diberbagai Klan yang di ketahui sebelumnya.

 

Selena, Mata dan Tazk berhasil menemukan cawan keabadian di Klan Nebula, namun cawan tersebut tidak bisa diambil karena jika cawan tersebut diambil akan ada sesuatu yang terjadi dan hal tersebut dapat membahayakan Klan Nebula dan bahkan seluruh Dunia Paralel. Namun karena suatu peristiwa pengakuan Tazk tentang perasaannya kepada Selena dan Mata membuat Selena gelap mata dan nekat untuk mencuri cawan tersebut. Karena perbuatannya tersebut Mata harus rela mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan mereka semua dari marabahaya yang mengancam termasuk Tamus yang turut menyusul mereka ke Klan Nebula.

 

Kelebihan

1. Konsep dan alur cerita sangat menakjubkan, sehingga semakin membuat para pembaca terus penasaran.

2. Memiliki beberapa sisipan tentang wawasan maupun ilmu pengetahuan.

3. Menggunakan beberapa istilah gaul yang sering digunakan para remaja di kehidupan sekarang. Misalnya, galau,     baper, halu, dan lain sebagainya.

 

Kekurangan

1. Ada kesalahan ketik pada halaman 30 yaitu “Bayangna”, seharusnya “Bayangan”.

2. Ada juga kesalahan tanda baca di halaman 167.

 

Raissa Sandy Wiratama

XI MIPA 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar