Resensi Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari

 


Identitas Novel

1.       Judul Buku: Perahu Kertas

2.       Pengarang: Dewi “Dee” Lestari

3.       Penerbit: Bentang Pustaka

4.       Tahun Terbit: Agustus 2009

5.       Tebal Halaman: 444

6.       Hal: 20 cm

7.       ISBN : 978-979-1227-78-0

8.       Sinopsis Novel:

 

Sinopsis

Perahu Kertas bercerita tentang Kugy, seorang gadis yang gemar berkhayal dan menulis dongeng. Ia sering kali membuat surat untuk Dewa Neptunus dalam bentuk perahu kertas yang dihanyutkan ke danau atau laut. Kecintaan Kugy terhadap dunia sastra membuatnya menempuh pendidikan sastra di sebuah universitas di Kota Bandung. Sementara itu, Keenan adalah seorang pria yang gemar melukis. Setelah singgah di Amsterdam bersama sang nenek, Keenan akhirnya kembali ke Indonesia dan menempuh pendidikan di Kota Bandung.

Keenan sebenarnya bercita-cita untuk menjadi seorang pelukis. Namun, ia terpaksa masuk ke Fakultas Ekonomi karena keinginan sang ayah. Sahabat Kugy sejak kecil, Noni, mempertemukan dirinya dengan Keenan. Keenan sendiri merupakan sepupu dari kekasih Noni yang bernama Eko. Keempatnya pun bersahabat hingga akhirnya Kugy dan Keenan memiliki rasa satu sama lain.

Perasaan itu mereka pendam dalam hati karena Kugy sudah memiliki kekasih bernama Joshua, sedangkan Keenan dijodohkan dengan sepupu Noni yang bernama Wanda.

Hubungan Kugy dan Keenan semakin merenggang setelah Keenan berpacaran dengan Wanda. Suatu saat, Keenan mengalami masalah sehingga ia harus mengakhiri hubungannya dengan Wanda.

Masalah keluarga dan patah hati yang dialaminya membuat Keenan meninggalkan kehidupan di Kota Bandung. Ia pun pergi ke Bali dan bertemu dengan Pak Wayan yang memiliki hobi melukis.

Selama menetap di Pulau Dewata, Keenan mulai melanjutkan bakatnya di bidang seni lukis. Ia juga jatuh cinta dengan keponakan Pak Wayan, Ludhe Laksmi. Di sisi lain, Kugy bekerja di Jakarta sebagai copywriter. Dia bertemu dengan Remi, atasan dan sahabat kakaknya. Keduanya jatuh cinta dan memutuskan untuk menjalin hubungan.

Suatu ketika, Keenan harus kembali ke Jakarta karena harus melanjutkan perusahaan keluarganya. Kugy dan Keenan pun bertemu kembali di Kota Jakarta. Lalu bagaimana kelanjutan kisah

 

Kelebihan Novel:

Novel Perahu Kertas mengulas kisah menarik tentang persahabatan, cinta, dan impian. Karya tulis ini memuat kisah realistis yang kerap dialami oleh kebanyakan remaja.

Alur cerita Perahu Kertas juga runtun, sehingga nyaman untuk dibaca. Di sisi lain, penulisan novel ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca.

 

Kekurangan Novel:

Kekurangan novel ini terletak pada penjabaran cerita yang terlalu rinci sehingga pembaca cenderung malas untuk membacanya. Selain itu, jumlah halaman dalam novel ini juga tergolong banyak.


Nama : Adhwaa Ariibah Hidayat

Kelas : 11 MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar