Laporan Hasil Teks Observasi Bromelia Neoregelia

     



            Di depan SMAIT Al Irsyad Purwokerto terdapat tanaman hias Bromelia berjenis Neoregelia. Menurut Smith dalam Sherly (2020:40), Neoregelia merupakan gabungan antara genera Karatus, Regalia, dan Argelia yang memiliki banyak jenisnya, serta memiliki 5.000 lebih kultivar. Tanaman tropis ini tumbuh subur dalam cahaya terang. Bromelia Neoregelia tahan dengan segala suhu ekstrem. Bromelia Neoregelia mentolerir berbagai suhu dari mendekati titik beku hingga 38 derajat celcius.

            Bromelia Neoregelia memiliki struktur dan bentuk yang unik. Tanaman ini memiliki bentuk yang khas dengan kelopak yang terbuka lebar. Biasanya, tanaman ini memiliki beberapa lapisan kelopak yang terlihat seperti bintang-bintang kecil yang tersusun rapat. Bromelia neoregelia memiliki beberapa ciri daun yang khas. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan lebar. Panjang daun dari bromelia neoregelia sekitar 0,5 m dan lebar 3 sampai 5 cm. Bentuk dari daun Bromelia Neoregelia menyerupai bentuk lidah. Daun tanaman ini biasanya berwarna hijau dan ujungnya berwarna merah serta terdapat gerigi bewarna abu-abu buram pada ujung daunnya.

          Bromelia Neoregelia memberikan beberapa manfaat yang sederhana, tetapi cukup berharga. Bromelia Neoregelia memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi tanaman hias yang bernilai baik dari segi estetika maupun fungsional. Selain keindahan visual yang ditawarkannya, Bromelia Neoregelia juga memiliki kemampuan untuk menyaring udara, menghilangkan beberapa polutan, seperti formaldehida dan xylene sehingga meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini juga dapat memberikan perlindungan bagi serangga dan katak yang hidup di dalam rosette daunnya, menjalin hubungan ekologi yang positif dalam lingkungan. Kesederhanaan perawatannya dan ketahanan terhadap berbagai kondisi cahaya membuatnya menjadi pilihan yang mudah dipelihara bagi penggemar tanaman, memberikan nuansa keindahan alam di dalam rumah atau taman mereka.


Nama : Fathimah Az Zahra

Kelas : XE

Presensi : 05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar