Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Palem

 


Pohon palem mencakup keluarga tumbuhan luas yang dikenal sebagai Arecaceae, yang terdiri dari lebih 2.500 spesies yang ditemukan di berbagai wilayah di seluruh dunia, terutama di iklim tropis dan subtropis. Pohon-pohon ini langsung dapat dikenali dari mahkota daunnya yang khas dan sering kali simetris. Mereka dikenali karena kemampuan adaptasinya terhadap lingkungan, mulai dari oasis gurun hingga pantai, mereka dijadikan simbol dari beragam lanskap di seluruh dunia. Di luar daya tarik estetikanya, pohon palem memainkan peran ekologis yang penting, menyediakan perlindungan dan makanan bagi berbagai spesies satwa liar dan berkontribusi terhadap keanekaragaman  hayati habitat mereka secara keseluruhan. Dari pohon kelapa yang ikonik hingga pohon kurma yang megah dan pohon palem kerajaan yang anggun, keluarga Arecaceae menampilkan beragam bentuk dan ukuran yang luar biasa, masing-masing berkontribusi terhadap kekayaan alam di wilayah tropos dan subtropis. 


Bentuk pohon palem sekilas mirip dengan pohon kelapa. Tidak hanya mirip, tumbuhan palem memamng masih satu keluarga dengan pohon kelapa. Pohon palem memiliki daun berwarna hijau. Biasanya batang bagian bawahnya lebih besar lalu mengecil pada bagian atas. Pohon ini memiliki akar tipe serabut. 


Pohon palem memiliki banyak manfaat. Pohon palem dapat menjaga kelembapan rumah, menyerap polutan, meredakan stres. Selain itu buahnya juga memiliki manfaat. Buah palem kaya akan nutrisi penting, kaya antioksidan. Buah palem juga dapat menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan kulit, dan membantu pencernaan.


Nama : Navis Zahi Murtaza

Kelas : XC

Nomor Presensi : 27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar