Teks Laporan Hasil Observasi - Tanaman Neoregelia

 

Tanaman Neoregelia merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai hiasan. Tanaman ini juga cukup terkenal dan memiliki keunikan. Nama lengkap tanaman ini adalah Neoregelia Cruenta. Tanaman ini diduga berasal dari hutan hujan di Amerika Selatan. Tanaman ini berasal dari family Bromeliaceae dan sub family Bromelioideae.

Genus Neoregelia sebagian besar memiliki daun yang luas dan relative datar. Tanaman ini memiliki daun sepanjang 30 cm di setiap helai dan berwarna cerah. Bagian pucuk bunga berwarna agak kemerahan, bagian bawah daunnya berwarna kecoklatan. Bentuk dari tanaman ini yaitu meruncing panjang dan melengkung membentuk roset yang nantinya akan menjadi anakan dari tanaman ini.

  Tanaman Neoregelia atau Bromelia memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu sebagai tanaman ornamental atau tanaman hias. Bisa dimanfaatkan serat daunnya dalam industry tekstil, makanan, dan obat-obatan. Tanaman ini juga bisa menjernihkan udara agar menjadi udara bersih yang berkualitas bagi kesehatan paru-paru. Karena manfaat dan keunikannya, tanaman ini sudah dibudidayakan di Indonesia sebagai tanaman hias dan sebagai bahan dalam industry di beberapa daerah.

 Menurut Redaksi PS, tanaman Bromelia dapat ditanam dengan cara digantung atau ditempel, serta juga bisa menjadi alternatif hiasan gantung di teras-teras di dalam rumah. (2020, halaman 61)


Haidar Autsman Maulana - 

XC

11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar