Teks Laporan Hasil Observasi Kangkung


Kangkung merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis sayuran yang ditanam dan dapat dimakan. Sayuran ini banyak ditemukan di pasar pasar. Tanamannya banyak di temukan di Kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana pun terutama di tempat yang berair. Terdapat 2 jenis kangkung yaitu, kangkung darat dan kangkung air. Kangkung jenis darat atau yang biasa disebut dengan kangkung cabut ini hanya dapat tumbuh di tempat yang kering. Apabila jenis darat ini dimasak akan lebih cepat layu atau masak. Kangkung jenis air ini hidup di daerah berair serta memiliki daya adaptasi yang tinggi pada habitatnya. Dengan berkembang biak secara efisien serta memiliki daya serap unsur hara yang efektif menyebabkan jenis air dapat berkompetisi dengan tanaman lain pada satu habitatnya.

Berdasarkan pengamatan, kangkung jenis darat memiliki ciri batang yang lebih kecil, berwarna putih kehijauan, daunnya tidak tebal serta lebih lunak, dan memiliki bunga berwarna putih bersih. Siklus panen dari kangkung darat ini cepat dan relatif tahan lama. Oleh sebab itu harga sayur ini di pasaran relatif murah dibandingkan dengan jenis sayuran lain. Sedangkan kangkung air berciri Batang besar, berwarna hijau serta lebih gelap, daunnya lebih besar, Bunganya berwarna putih kemerahan, dan agak keras. Ketika dimasak akan lebih lama layu. ini dapat tumbuh di daerah yang basah seperti parit, kolam atau genangan sawah.

Kangkung memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita saat kita konsumsi. Pertama, kankung dapat menjaga kesehatan tubuh. Kangkung memiliki banyak kandungan vitamin A dan C. kedua, kangkung dapat mengatasi insomnia. Kangkung juga memiliki banyak kandungan kalium yang dapat memengaruhi saraf kepala, kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi orang yang mengonsumsinya jadi mudah mengantuk. Ketiga, kangkung bisa membuat organ hati terjaga. Hal ini di sebabkan kangkung terdapat kandungan enzim dan antioksidan yang berperan sebagai detox (Ilmi 2021:47-49) 

Nama    : Muhammad Ulung Sinatria

Kelas     : XC

Presensi :24

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar