Teks Laporan Hasil Observasi Kangkung

                                 

     Kangkung (Ipomoea Aquatica Forsk) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia. Kangkung merupakan tumbuhan yang dapat di jumpai di mana-mana terutama di kawasan berair sehingga kangkung dikenal dengan istilah bayam air. Kangkung termasuk ke dalam kingdom plantae, divisi spermatophyte, kelas dicotyledonae dan famili convolvulaceae (Ware dan McCollum, 1980).

       Kangkung merupakan tanaman yang dapat tumbuh lebih dari satu tahun. Kangkung tumbuh di air atau di tanah lembab. Batang nya dapat mencapai 2-3 meter atau lebih, dan batang berongga agar kangkung bisa mengapung di air. Daun Kangkung berbentuk kepala panah, dengan panjang 5-15 cm dan lebar 2-8 cm. Bunga Kangkung berbentuk terompet berdiameter 3-5 cm, dan biasanya berwarna putih dengan bagian tengah berwarna lembayung muda. Kangkung memiliki akar yang berbentuk akar tunggang, sebagaimana tanaman dikotil pada umumnya.

      Tanaman kangkung memiliki banyak sekali manfaat baik untuk manusia dan juga hewan. Hal ini karena kangkung, terutama daunnya memiliki kandungan Karoten yang tinggi. Daun kangkung juga memiliki banyak vitamin dan mineral. Selain itu kangkung adalah sumber serat, protein, kalsium, dan vitamin A & C yang sangat baik untuk kesehatan (Florida, 2023).


Nama: Muhammad Rafi Satria Wijaya
Kelas: X C
Absen: 23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar