Teks laporan hasil observasi kendaraan roda dua di smait


 Motor merupakan kendaraan yang banyak dipakai oleh orang orang termasuk para pelajar. Di SMA IT Al Irsyad, banyak siswa yang menggunakan motor untuk pergi ke sekolah. Mereka yang membawa motor memarkirkan kendaraan mereka di parkiran sekolah. Parkiran SMAIT sendiri berada di belakang gedung SMA. Baik siswa, siswi maupun kelas 10,11,12 banyak yang membawa motor. Hal ini merupakan fenomena yang biasa terjadi di sekolah-sekolah di Indonesia.


Di dalam parkiran terdapat beberapa deret motor yang terparkir. Jika dihitung, ada 5 sampai 6 deret motor yang terparkir, masing-masing deret berisi sekitar 50 sampai 60 motor. Berarti ada lebih dari 350 motor di parkiran smait. Tentunya tidak semua motor itu sejenis, ada banyak jenis motor motor di parkiran tersebut. Mulai dari motor matic, motor kopling sampai motor bebek. Motor matic merupakan motor yang paling mendominasi di parkiran sekolah, 85% siswa/siswi smait menggunakan motor matic ini. Sementara di posisi kedua ada motor kopling, dan motor bebek adalah yang paling sedikit digunakan oleh murid. Dilihat dari merk motornya, motor yang banyak dipakai di smait diantaranya yaitu honda Vario dan Honda beat.


Tentunya, ada banyak alasan mengapa siswa membawa motor ke sekolah. Diantaranya karena siswa tidak ingin merepotkan orang tuanya, jarak rumah yang jauh dari sekolah, dan menghemat biaya transportasi. Walau, begitu tetap ada manfaat dari siswa membawa motor ke sekolah. Yaitu siswa menjadi tidak bergantung kepada orang tuanya, siswa bisa menjadi lebih mandiri. Menggunakan motor ke sekolah bisa menghemat biaya transportasi, karena biaya untuk naik ojek selama seminggu bisa lebih mahal daripada uang bensin untuk 1 Minggu.


Nama: Anargya Aulia Akbar

Kelas: XB

Absen: 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar