Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Palem

            

Teman-teman, kali ini saya akan menyampaikan hasil laporan observasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Objek yang diobservasi adalah Pohon Palem. Pertama,saya akan menyampaikan informasi umum terkait dengan Pohon Palem. Pohon palem atau Saribus rotundifolius, juga dikenal sebagai telapak kaki tumpuan, adalah palem kipas yang umum ditemukan di Asia Tenggara. Ini adalah anggota dari genus Saribus. Tanaman ini sering ditanam di pekarangan rumah maupun di pinggir jalan. 

Pada bagian berikutnya, saya akan menjelaskan ciri khas palem kipas yang terdiri atas bagian akar, batang, dan daun.Sistem akarnya sangat rapat dan padat, sehingga mampu menopang batang palem tumbuh tinggi. Batang pohon palem memiliki tingginya yang dapat mencapai 15 hingga 20 meter dan bagian bawah batang besar, sedangkan bagian atasnya ramping.Dan daun tumbuhan palem tersusun menyirip dan majemuk, pada tangkainya diselimuti pelepah dan panjang daun palem mampu mencapai 3 meter.

Tumbuhan palem-paleman yang ditanam mempunyai kegunaan dan manfaat yang baik untuk lingkungan. Tanaman palem dapat meningkatkan kelembaban udara di dalam rumah yang kering dan kurang lembab, dapat membuat kulit jadi kurang sehat, gampang terkena alergi dan iritasi. Selain itu, tanaman palem bermanfaat sebagai tanaman produksi oksigen yang dapat memberikan suasana sejuk ke dalam rumah karena dapat menghasilkan oksigen yang melimpah akibat dari daunnya yang besar. Tentunya tanaman palem juga cocok untuk ditanam di rumah yang dekat dengan jalan raya atau kawasan industri. Karena pohon palem dapat menyerap berbagai bentuk polutan dengan sangat baik. (Prabowo, 2022) 

Nama: Radista Evan Anandika

Kelas: XB

Nomer Presensi: 28

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar