Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Pisang



        Pisang adalah kelompok tanaman herba yang berbuah dan diketahui berasal dari kawasan tropis. Tanaman ini juga tergolong dalam kelompok tumbuhan monokotil atau berbiji tunggal. Pohon pisang berkembang biak dengan cara tunas adventif. Nama spesies dari pisang adalah Musa sp yang berasal dari genus musa. Pisang masuk dalam famili musaceae dalam kelas tumbuhan berkeping biji tunggal. 

        Pohon pisang memiliki akar, batang, daun, bunga atau jantung, dan buah. Bentuk akar pada pohon pisang adalah serabut yang berpangkal pada umbi batang yang sebagian terletak pada bawah tanah, Fungsi akar pada pohon pisang adalah untuk menyerap air dan zat hara, Sedangkan bentuk batang pada pohon pisang adalah berbatang semu yang terbentuk dari pelepah daun yang membesar. Fungsi batang pada pohon pisang yaitu untuk menyuburkan tanaman, sebab pada bagian batang pohon pisang terdapat kandungan unsur hara fosfor yang sangat tinggi. Bentuk daun pada pohon pisang lanset panjang yang memiliki tangkai panjang, Fungsi daun dari pohon pisang adalah sebagai tempat fotosintesis, transpirasi, dan sebagai tempat pernapasan. Lalu bentuk bunga pada pohon pisang adalah seperti jantung berbentuk lonjong dan ujungnya berbentuk runcing. Fungsi bunga dan buah adalah untuk dikonsumsi. 

        Pohon pisang memiliki julukan sebagai pohon seribu manfaat, terutama bagi kesehatan. Mulai dari akarnya memiliki manfaat salah satunya meningkatkan kualitas penglihatan. Pisang juga memiliki manfaat pada batang ialah untuk mengobati infeksi sedangkan manfaat daun yaitu dapat menyembuhkan penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam. Manfaat bunga pohon pisang bisa dijadikan sayur, karena mengandung protein dan vitamin. Serta manfaat dari buah pohon pisang adalah dapat dijadikan bahan makanan.


Nama : Wildan Rehan Naufal Fayyaz

Kelas : XC

Nomor Absen : 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar