Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Pepaya

 

Pohon pepaya merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat serta di kawasan Mexsico dan Coasta Rica. Dalam nama ilmiah, pepaya disebut juga dengan famili cariceae. Pepaya saat ini telah tersebar di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda “ papaja “ yang juga diambil dari nama buah bahasa Arawak “ Papaya “. Umumnya, pepaya akan tumbuh pada tanah yang lembab dan tidak tergenang air.

Pohon pepaya biasanya memiliki tinggi kisaran 5 sampai 10 meter. Pohon pepaya terdiri dari akar, batang, daun, bunga, dan buah. Akar pada pohon pepaya tumbuh panjang cenderung mendatar. Akar ini berjenis akar tunggang dan akar lunak agak dangkal. Pohon pepaya cenderung berbatang tunggal dan tegak. Batangnya tidak tidak berkayu silindris, berongga, dan berwarna putih kehijauan. Daun yang menyerupai telapak tangan manusia ini, tersusun spiral menutupi ujung pohon yang berbentuk bulat, ujung meruncing, pangkal bertoreh, tepi bergerigi, dan berdiameter 25 sampai 5 cm. Pada pohon pepaya juga memiliki bunga berwarna putih yang berbentuk seperti lilin dan bunganya memiliki beberapa jenis. Menurut Kalie, (2008:11), tanaman pepaya memiliki 3 jenis bunga di antaranya bunga jantan ( masculus ) yang berbentuk tabung ramping dengan panjang kira kira 2,5 cm, bunga betina ( femineus ) yang berbentuk bulat, bunga sempurna ( hermaprodit ) yang akan mekar pada hari ke 45 sampai 47 hari.

Pohon pepaya memiliki manfaat bagi masyarkat. Seperti yang kita tahu, bagian yang paling digemari oleh masyarakat yaitu buah pepaya. Tak hanya rasanya yang manis, tetapi juga mengandung banyak vitamin terutama vitamin C. Ada juga kandungan vitamin lainnya pada buah di antaranya vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, dan masih banyak lagi. Buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, juga dapat mengurangi resiko kanker. Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi semua bagian dari pohon pepaya mulai dari daun, bunga, batang, bahkan sampai getahnya. Itu semua dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Nama : Nasuha Rizka Cahyani 

Kelas : XE

No. Absen : 17


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar