Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Pepaya



 


Pepaya merupakan tumbuhan dalam famili Caricaceae yang berasal dari Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan bagian utara. Pepaya diperkenalkan untuk pertama kalinya di Hawai yang merupakan bagian dari Negara Amerika Serikat, pada awal tahun 1800-an. Kini, pepaya telah menyebar di seluruh daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Pepaya banyak ditanam oleh warga Indonesia karena iklim yang mendukung dan dengan tujuan untuk memperoleh buahnya. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia berasal dari kata “papaja” yang merupakan bahasa Belanda dan kata “papaya” dari bahasa Arawak. Pepaya merupakan jenis tanaman yang pertumbuhannya sangat cepat dan sudah bisa menghasilkan buah dalam waktu 3 tahun.

Pepaya merupakan tanaman berbatang tunggal tegak dan basah dengan payungan daun di ujungnya. Batang tanaman pepaya berwarna putih kehijauan dan mengandung getah putih di seluruh bagian pohonnya serta dapat tumbuh tinggi sekitar 5-10 meter. Tanaman pepaya ini menghasilkan buah yang berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip. Kulit buah yang masih muda berwarna hijau gelap, sedangkan kulit buah yang sudah matang berwarna hijau muda sampai kekuningan bahkan oranye. Daging buah pepaya berasal dari capela yang tebal, memiliki warna kuning sampai jingga, serta memiliki rongga di bagian tengahnya sebagai tempat butiran biji pepaya.

Semua bagian tanaman pepaya bisa dimanfaatkan, mulai dari daunnya sampai dengan biji-bijinya yang berwarna hitam. Tangkai dan kulit batang pohon pepaya bisa digunakan untuk membuat tali, sementara bijinya digunakan sebagai bumbu masakan. Daun, getah, serta buahnya yang masih muda mengandung banyak enzim papain yang bisa digunakan untuk melunakkan daging dan berbagai jenis protein. Enzim papain juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka cedera, alergi, diare, maag, dan sembelit. Buah pepaya yang masih muda mengandung enzim papain dua kali lipat lebih besar dari buah pepaya yang sudah matang. (Damayanti 2018)

Nama               : Melliferazahra Novrial

Kelas               : XE

Presensi           : 12


Tidak ada komentar:

Posting Komentar