Teks Laporan Hasil Observasi Ruang Kelas XE

 

Ruang kelas XE saat pagi.

Ruang kelas XE merupakan salah satu ruangan yang digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar di SMA IT Al Irsyad Purwokerto. Ruang kelas XE terletak di lantai 3 dekat tangga putri. Ruang kelas XE berhadapan langsung dengan ruang bi'ah putri. Kelas XE berisi 26 siswa yang semuanya adalah perempuan.

Menurut Chusni (2021:18), pengelolaan kelas adalah faktor yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut dibuktikan dengan pemenuhan fasilitas yang memadai dalam kelas tersebut. Kelas ini memiliki 2 jendela yang ditutup menggunakan gorden berwarna abu-abu sehingga dapat menjadi pengganti AC untuk sirkulasi udaranya.Warna dari cat dinding yang digunakan pada kelas tersebut adalah abu-abu muda sehingga tidak terlalu mencolok. Ada juga CCTV yang terletak di pojok kelas dan sebuah LCD yang digantung di tengah kelas untuk mengendalikan kegiatan belajar-mengajar di kelas XE. 3 figura foto yang ada di XE menampilkan pancasila serta presiden dan wakil presiden sebagai penghormatan dan pengingat untuk siswinya. Selain itu, ruang kelas ini memiliki 2 lemari di dekat pintu yang mempermudah para siswi dalam menyimpan barang masing-masing.

Ruang kelas XE memiliki berbagai manfaat sebagai bentuk pemenuhan fasilitas dalam sekolah. Biasanya, banyak siswi yang memanfaatkan ruang kelas XE sebagai tempat istirahat atau kerja kelompok. Ruang kelas XE dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghindari ketidaknyamanan siswi SMA IT Al Irsyad dalam kegiatan pembelajaran. Ruang kelas XE menjadi salah satu fasilitas pembelajaran yang disediakan oleh sekolah sebagai bentuk tanggung jawab dan pemenuhan fasilitas memadai bagi para siswa siswinya. Selain pemenuhan fasilitas berupa ruang kelas, sekolah juga melakukan pemenuhan fasilitas di dalam ruang kelas tersebut seperti AC, papan tulis, loker, dan sebagainya.


Nama     : Aurellia Aqilah Najla

Kelas      : XE

Presensi : 04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar