Teks Laporan Hasil Observasi Sport Centre SMAIT





Sport Centre SMAIT adalah area terbuka yang berada tepat di belakang

SMAIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto yang dilengkapi dengan berbagai macam prasarana dan sarana olahraga untuk menunjang berbagai macam kegiatan jasmani. Tak hanya itu, Sport Centre SMAIT juga biasanya dipakai untuk menyelenggarakan acara – acara besar seperti EXPO, Bazaar, dan masih banyak lagi. Tempat ini memiliki luas kurang lebih 13 hektar dan terdiri dari 2 area besar yang dibatasi oleh tembok beton. Dengan ukuran yang relatif besar, Hal ini sangat membantu untuk menampung hampir berbagai macam aktivitas olahraga tanpa harus pergi ke tempat lain yang lebih luas. Meskipun memiliki ukuran yang besar, tak semuanya dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan dilakukan secara bergantian.

 

Pada area pertama memiliki luas kurang lebih 7,8 hektar yang digunakan

sebagai lapangan voli, lapangan basket, lapangan futsal, 2 lapangan sepak bola, dan juga
pull up bar. Di dekat tembok yang membatasi antara area 1dan area 2 di sebelah utara, ada ruangan tertutup untuk bermain tenis meja sekaligus gudang untuk peralatan olahraga. Lapangan sepak bola yang berada di sebelah paling selatan, biasanya juga digunakan untuk bermain kasti ataupun softball. Di bagian selatan lapangan sepak bola juga terdapat arena untuk lompat jauh dan terdapat juga tempat pembuangan sampah yang cukup besar yang biasanya dipakai untuk mengumpulkan semua sampah yang ada di keseluruhan area sekolah.Lalu, di area kedua yang memiliki luas 5,4 hektar biasanya digunakan untuk panahan, bermain voli atau untuk siswa putri melaksanakan kegiatan olahraga. Di masing – masing area juga terdapat jogging track yang memutari sisi pinggir dari masing – masing area.

 

Sport Centre sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Selain digunakan

untuk olahraga, Sport Centre kadang juga bisa digunakan untuk acara – acara yang memerlukan area yang luas. Pada umumnya acara – acara yang diselenggarakan di Sport Centre seperti perkemahan, pameran, atau ajang tahunan seperti Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan masih banyak lagi. Lalu, warga sekolah juga dapat memanfaatkan Sport Centre ini untuk berolahraga serta berkumpul bersama teman terutama mereka yang memiliki keterbatasan ruang yang ada pada lingkungan tempat tinggal mereka. (Riyoko 2014:98)


Nama : Athaulloh Umair K.A

Kelas : X - B

Nomor Presensi : 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar