Teks Laporan Hasil Observasi Tanaman Pucuk Merah


 

Pucuk merah merupakan salah satu tanaman hias yang mudah dijumpai. Tanaman ini punya nama latin yakni Syzygium sinubanense atau Syzygium campanulatum var. Longistylum. Pucuk merah dapat tumbuh hingga berbentuk pohon dengan kelebatan sekitar 16-30 meter. Dibanding tanaman hias lainnya, pucuk merah memang populer sejak dulu hingga kini. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah maupun di pinggir jalan.

Bentuk daunnya kecil dan memanjang menyerupai jarum membuat. Daun pucuk merah biasanya mengalami perubahan warna yaitu pada saat baru tumbuh berwarna merah menyala, kemudian berubah menjadi cokelat kemudian berubah lagi menjadi hijau. Daun tunggal berbentuk lancip, tangkai sangat pendek, tumbuh berhadapan dan permukaan daun bagian atas mengkilap. Panjang daun 6 cm dan lebar 2 cm dengan pertulangan daun menyirip. Tinggi dari batang pucuk merah bisa mencapai ketinggian 5 meter jika tumbuh di tempat yang subur dan terdapat nutrisi yang tinggi.

Tanaman pucuk merah memiliki beberapa manfaat, Salah satunya adalah sebagai pagar tanaman. Jadi, tidak mengherankan jika banyak orang menggunakannya sebagai hiasan di luar ruangan. Selain itu, pucuk merah juga dapat menyerap karbondioksida. Sebuah situs mengungkapkan bahwa setiap tanaman memiliki kemampuan untuk melepaskan oksigen ke udara sekaligus menyerap Karbondioksida. Meskipun demikian, beberapa tanaman juga bisa menarik polutan udara seperti logam berat dari knalpot, Sehingga berperan sebagai tanaman pembersih udara. (Budiati 2022:5-7)


Nama    :Naufal Ibnu Rasyid

Kelas     : XC

Nomor Presensi :26

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar