Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Bahrul Ulum

    


Perpustakaan Bahrul Ulum adalah perpustakaan yang terdapat di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan Bahrul Ulum terletak di sebelah timur lantai 1 gedung SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan ini dikelola oleh pustakawan, salah satunya bernama Ustazah Anastasya. Perpustakaan ini terbuka bagi warga sekolah. Perpustakaan ini digunakan untuk membaca, belajar kelompok, dll.

Perpustakaan Bahrul Ulum terbagi menjadi beberapa bagian. Di dalam terdapat meja kursi untuk pengunjung duduk dan membaca buku. Selain itu, terdapat rak – rak besar di perpustakaan yang berisi kumpulan buku dengan berbagai genre. Terakhir, terdapat meja besar di depan pintu perpustakaan yang berisi komputer serta buku presensi peminjaman bagi pengunjung yang ingin meminjam buku. Perpustakaan ini dilengkapi fasilitas AC serta galon air minum untuk para pengunjung. Terdapat juga WI-Fi bagi para pengunjung yang ingin mengakses internet di dalam perpustakaan.

Perpustakaan mempunyai berbagai manfaat. Menurut Bafandal (dalam Bahri 2022:2), manfaat perpustakaan adalah dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap literasi. Selain itu, perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Selain manfaat yang disebutkan di atas, Perpustakaan Bahrul Ulum juga terjaga kebersihannya sehingga pengunjung perpustakaan betah dan nyaman ketika mengunjungi perpustakaan. 


Nama: Muhammad Faris Prasetya

Kelas: XD

Presensi: 21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar