Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Al Izhdihar SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto


 

Perpustakaan Al Izhdihar merupakan perpustakaan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan ini menjadi pusat untuk segala hal yang berkaitan dengan buku bagi seluruh warga SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakan ini terletak di lantai satu bagian timur bangunan SMP berdekatan dengan lorong menuju SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan hampir hadir di seluruh sekolah di Indonesia sebagai sarana siswa ataupun siswi untuk belajar dan mencari hiburan dalam membaca buku, Perpustakaan Al Izhdihar ini juga tidak terlepas dari itu karena memang itulah dasar fungsi dari perpustakaan. 

 

Ketika pertama kali masuk Perpustakaan Al Izhdihar pengunjung akan disambut oleh meja resepsionis dan deretan rak rak yang terisi penuh dengan koleksi buku-buku yang bervariasi mulai dari fiksi, non fiksi, motivasi, self-improvement, dan lebih banyak lagi. 

 

Setelah pengunjung masuk lebih dalam lagi, pengunjung akan menemukan area dimana para siswa dan siswi bisa membaca buku dan juga belajar. Area ini memiliki rak rak buku yang mengelilingi bagian kanan, kiri, dan belakang, tiga meja putih dan satu meja kayu, satu papan tulis yang terletak di depan meja kayu dan di bawahnya tergelar rumput sintetis yang nyaman. Area ini terletak setelah beberapa langkah setelah melewati resepsionis. Pilihan warna untuk interior perpustakaan ini yang berwarna abu abu mencerminkaan ke fokus-an dan ke serius-an yang di kontras dengan jendela yang di hiasi dengan korden berwarna kuning dan biru yang cerah. Perpustakaan ini juga bisa menjadi sumber refreshing bagi para siswa-siswi dengan koleksi komik-komik edukasi dan juga globe yang membuat belajar lebih interaktif. Suasana di perpustakaan sangatlah nyaman dengan nuansa sunyi dan hawa sejuk dari AC yang ter pajang rapi di dinding. 

 

Perpustakaan ini berperan  sebagai sentral literasi di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto dan juga sebagai tempat yang nyaman dan bersih untuk kegiatan belajar atau mengajar. Tentunya, jika hanya belajar saja otomatis akan timbul rasa jenuh maka dari itu Perpustakaan Al-Izhdihar menyediakan berbagai media hiburan dan rekreasi dalam bentuk komik islami, edukatif, dan/atau inspiratif untuk meningkatkan moral belajar para siswa-siswi. Perpustakaan Al-Izhdihar sangat berguna sebagai tempat rekreasi atau tempat belajar yang nyaman, seseorang bisa menambahkan wawasan, terinspirasi, dan juga tertawa di Perpustakaan Al-Izhdihar. 


Nama: Al-Fairuz Iman Farosa

Kelas: XD

Presensi: 5

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar