Teks Laporan Hasil Observasi Laboratorium Biologi Al Irsyad



       SMA IT Al Irsyad Purwokerto memiliki 3 laboratorium, salah satunya adalah laboratorium biologi. Lab biologi inj terletak di lantai 3 di gedung bagian SMP. Siswa SMP dan SMA sering menggunakan lab biologi untuk melakukan praktikum atau sekadar pembelajaran. Dalam pemanfaatannya, siswa perlu mendapatkan izin dari laboran. Seperti laboratorium lain pada umumnya, lab biologi di SMA IT juga memiliki aturan yang harus ditaati dalam penggunaannya. Menurut Isma'il, ketika melakukan kerja di laboratorium, kita harus menerapkan aturan yang berlaku demi kelancaran dan keselamatan dalam bekerja. 


    Laboratorium biologi memiliki dinding yang berwarna abu-abu di sekelilingnya dengan bagian atas dan tiang-tiang yang berwarna putih. Terdapat banyak meja dan kursi di dalamnya. Laboratorium biologi memiliki beberapa jendela. Tengkorak, replika tubuh manusia, dan papan yang berisi informasi biologi juga terdapat di lab ini. Ruangannya juga luas dan terdapat AC serta beberapa  wastafel.


    Laboratorium biologi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran biologi di sekolah. Karena siswa dapat belajar secara langsung dengan melakukan praktikum-praktikum biologi di lab ini. Alat dan bahan di laboratorium biologi Al Irsyad juga sangat lengkap sehingga siswa dapat belajar dengan maksimal. Mulai dari kerangka dan tiruan tubuh manusia yang dapat membantu siswa memahami sistem pencernaan dan sistem rangka manusia dan papan informasi biologi yang dapat menambah wawasan siswa. Alat dalam laboratorium biologi seperti mikroskop berfungsi untuk mengamati benda-benda kecil seperti sel yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang. Setelah melakukan praktikum, siswa dapat membersihkan tangan di wastafel yang tersedia di dalam laboratorium biologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar