Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

 








          Perpustakaan Al Izdihar merupakan perpustakaan yang berada di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan ini menjadi sumber pengetahuan yang sangat berharga bagi seluruh siswa dan guru-guru di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto ini. Perpustakaan ini terletak di antara SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dan SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan Al Izdihar sangat mendukung pengembangan pengetahuan, literasi, dan minat baca para siswa. selain menjadi tempat untuk para siswa membaca, perpustakaan ini juga selalu menjadi tempat berkumpulnya siswa yang berprestasi karena program binpres SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto selalu dilaksanakan di perpustakaan Al Izdihar ini.


          Bagian pertama yang patut disoroti adalah bagaimana perpustakaan Al Izdihar memberikan fasilitas yang sangat nyaman untuk para pengunjung, seperti terdapatnya tiga buah AC di dalam perpustakaan. Meja meja yang tersusun rapi serta banyaknya rak buku memudahkan para siswa mencari buku yang diminati untuk dibaca di tempat yang diinginkan.Buku-buku yang disajikan juga sangat lengkap, ada buku komik, motivasi, novel, ensiklopedia, atlas, dll. Di perpustakaan ini juga terdapat guru jaga dan anggota organisasi pustakawan sehingga kebersihan dan kerapihan sudah pasti terjamin. Suasana tenang dan sunyi sangat membantu bagi siswa yang ingin membaca buku dengan fokus.


          Perpustakaan Al Izdihar benar benar sudah memenuhi kriteria yang diperlukan untuk menjadi perpustakaan yang baik. Menurut Rohayani (2020:19), perpustakaan sangat bermanfaat apabila benar benar memfasilitasi tercapainya tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi manfaatnya tidak hanya berupa prestasi siswa yang tinggi, tetapi lebih jauh lagi, antara lain siswa dapat menemukan, mencari, menyaring, dan mengevaluasi informasi siswa terbiasa belajar mandiri. Bukan hanya tentang fasilitas materiel seperti AC, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah juga dapat memberikan fasilitas nonmateriel seperti organisasi yang menjadi pengurus dari perpustakaan itu. Perpustakaan ini juga memiliki moto yang sangat memotivasi para siswa agar lebih semangat lagi untuk berkunjung, yaitu "Now is reader, tomorrow be leader",yang memiliki makna bahwa dengan banyak membaca akan memiliki banyak pengetahuan sehingga diharapkan kelak dapat menjadi pemimpin yang berkualitas, cerdas, dan berkepribadian Indonesia.



Nama : Habiburrafi Arsyad El Shirazy

Kelas : XA

Nomor Presensi : 07

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar