Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Al Izhdihar

 

Perpustakaan Al Izhdihar adalah perpustakaan SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto (SPAAL). Perpustakaan ini terletak di lantai dasar di bagian timur SPAAL. Perpustakaan ini dikelola oleh Ustadzah Fika selaku pustakawan. Sama seperti perpustakaan pada umumnya, Perpustakaan Al Izhdihar digunakan untuk membaca dan meminjam buku. Tak jarang juga diadakan program bedah buku oleh Pustakawan Remaja. 

Perpustakaan ini memiliki mading, rak sepatu, dan loker penitipan barang di bagian teras. Begitu memasuki bangunan ini, akan terlihat meja resepsionis. Meja resepsionis berfungsi sebagai tempat absensi pengunjung dan layanan peminjaman dan pengembalian buku. Di bagian atas sisi-sisi bangunan terdapat papan visi misi, struktur organisasi, foto, dan kata-kata motivasi. Terdapat pula empat pendingin ruangan, globe, pohon sintetis, karpet rumput sintetis, dan sebelas rak buku yang masing-masing digunakan untuk menyimpan buku-buku sesuai dengan jenisnya. 

Ada sembilan jenis buku. Pertama ada buku pelajaran seperti Erlangga, Bupena, PR Intan Pariwara, dll. Kedua ada karya warga SPAAL mulai dari guru, anggota Pustakawan Remaja, hingga siswa. Ketiga ada buku fiksi meliputi karya-karya Tere Liye, Andrea Hirata, dan buku-buku lain yang tidak kalah bagus. Sisanya ada buku agama, self improvement, biografi, pengetahuan umum, kamus, atlas, dan Al Quran.

Selain membaca dan meminjam buku, Perpustakaan Al Izhdihar juga terkadang digunakan untuk kegiatan KBM bahkan rapat guru. Ada pula yang mengerjakan tugas kelompok, mengadakan belajar mandiri, atau hanya sekedar bersantai. Buku itu bagaikan jendela dunia. Dengan adanya perpustakaan kita dapat mengakses informasi yang sulit atau bahkan tidak bisa didapatkan dari sumber lain. 

 

    Nama: Adrian Maulana

    Kelas: XD

    Presensi: 2

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar