Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Al Izdihar

     Perpustakaan Al-Izdihar


       Perpustakaan Al-Izdihar merupakan perpustakaan yang terletak di SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan Al-Izdihar dianggap sebagai fasilitas yang penting bagi siswa, karena Perpustakaan Al-Izdihar menyediakan banyak ilmu. Perpustakaan ini banyak digunakan oleh siswa dan guru baik dari SMP maupun SMA. Para pengunjung merasa nyaman di perpustakaan ini karena banyak hal, seperti fasilitasnya yang nyaman, buku yang lengkap, dan lainnya. Ustazah dan para pustakawan berusaha keras menjaga perpustakaan ini sehingga, walaupun pengunjung perpustakaan bisa dihitung ramai, kenyamanan perpustakaan masih bisa terjaga.

     Di dalam Perpustakaan Al-Izdihar, ruangan dipisah menjadi 3 bagian, yaitu ruangan utama, ruangan multimedia, dan ruangan penyimpanan. Perpustakaan ini memiliki 6 rak buku lebih yang dipisah menjadi 3 sesi, yaitu sesi referensi, sesi umum, dan sesi pelajaran. Di dalam perpustakaan, terdapat beberapa tempat kumpul yang bisa digunakan siswa-siswa untuk diskusi, belajar bersama, dan lainnya. Saat anda memasuki perpustakaan, terdapat meja administrasi yang dikelola oleh ustadzah atau pustakawan. Perpustakaan ini bisa terasa nyaman bagi siswa karena terdapat AC yang menjaga suhu tempat ini sehingga, walaupun literasi tidak terlalu popular di sekolah ini, tetap banyak pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas perpustakaan ini.

     Perpustakaan bagi perguruan tinggi atau institut ataupun universitas adalah sarana penunjang yang sudah selayaknya diperhatikan dengan baik. Walaupun merupakan sara penunjang, fungsi perpustakaan bagi perguruan tinggi, sangatlah vital, seperti jantung di dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi perpustakaan adalah mencerdaskan kehidupan masyarakat. Upaya-upaya mengelola perpustakaan agar masyarakat gemar membaca dan mau mengunjungi perpustakaan patut dihargai. dengan semakin banyaknya yang mengunjungi dan memberdayakan perpustakaan, ini mengindikasikan bahwa perpustakaan dapat memenuhi peran dan fungsinya dengan baik.

Source : Media Pembelajaran Bahasa Arab, Rizki Utami M.Pd HLMN 59

Nama : Takahiro Soni Habibi

Kelas : 10 A

Nomor Presensi : 21 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar