Teks Laporan Hasil Observasi Perpustakaan Bahrul Ulum


Perpustakaan sekolah merupakan tempat di mana para siswa dapat menemukan buku dan sumber informasi untuk membaca, belajar, atau meneliti. Salah satu perpustakaan sekolah yang terletak di Purwokerto adalah Perpustakaan Bahrul Ulum. Perpustakaan Bahrul Ulum terletak di lantai 1 SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Perpustakaan ini diresmikan pada 12 Juli 2021. Perpustakaan Bahrul Ulum buka setiap hari Senin sampai Sabtu pada pukul 8 pagi sampai 3 sore.

Di bagian luar perpustakaan Bahrul Ulum terdapat rak yang bisa kita gunakan untuk menaruh alas kaki. Saat kita memasuki perpustakaan ini, kita bisa melihat peta dunia yang tertempel di salah satu dinding. Perpustakaan Bahrul Ulum berisi banyak rak buku serta meja dan kursi untuk kita membaca buku. Perpustakaan ini menyediakan banyak buku untuk dibaca mulai dari buku fiksi sampai buku nonfiksi. Kondisi perpustakaan ini cukup bersih serta memiliki penerangan yang baik. Perpustakaan ini juga dilengkapi dua buah penyejuk udara sehingga udara di perpustakaan ini dingin dan sejuk. Fasilitas yang ada di Perpustakaan Bahrul Ulum cukup lengkap sehingga membuat kita merasa nyaman saat membaca di perpustakaan ini.

Perpustakaan sekolah mempunyai berbagai manfaat. Menurut Bafadal (dalam Bahri 2022:2), manfaat perpustakaan sekolah antara lain dapat menimbulkan kecintaan para siswa terhadap membaca, memperkaya pengalaman belajar siswa, dan dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran. Perpustakaan sekolah memberikan akses mudah ke berbagai buku dan materi bacaan yang bisa memicu minat membaca para siswa. Perpustakaan sekolah juga menyediakan sumber daya penting bagi siswa yang ingin melakukan penelitian. Dengan menyediakan lingkungan yang mendukung, perpustakaan sekolah dapat menjadi tempat para siswa untuk mengembangkan keterampilan literasi dan meningkatkan pemahaman dalam berbagai ilmu pengetahuan.


Nama: Adief Maulana Nugraha

Kelas: XD

Presensi: 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar