Teks Laporan Hasil Observasi Pohon Pepaya

 


Pohon Pepaya

   Pepaya (Carica Papaya) adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Caricaceae. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Pepaya (Carica Papaya) berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Negara-negara asal dari pepaya termasuk Meksiko, Amerika Tengah, dan bagian Utara dari Amerika Selatan seperti Venezula dan Kolombia. Pepaya dikenal dengan buahnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

   Daun pepaya berbentuk lonjong dengan tekstur permukaan yang kasar. Batang pepaya berwarna hijau dengan tinggi rata-rata 2 meter. Bunga pepaya berwarna kuning dan berkelompok di ujung ranting. Buah pepaya berkembang dari bunga yang memiliki bentuk bulat hingga lonjong, dengan panjang rata-rata 15-30 cm. Pohon pepaya memiliki cabang-cabang yang bercabang dari batang utama. Di ujung cabang-cabang ini, bunga-bunga dan buah-buah pepaya biasanya terbentuk. Itulah ciri-ciri umum dari pohon pepaya.

   Pohon pepaya dapat dimanfaatkan mulai dari daun, buah, biji, kulit, bunga, batang, dan akarnya. Daun pepaya mengandung senyawa  fitokimia seperti papain dan karpain yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ini membuat efektif dalam meredakan peradangan pada kondisi seperti arthritis dan penyakit radang lainnya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu membersihkan dan mengelupas sel-sel kulit mati. Ini menjadikannya bahan alami yang populer dalam produk-produk perawatan kulit seperti masker wajah dan eksfoliator. Daun pepaya juga memiliki manfaat dalam meningkatkan pencernaan dan detoksifikasi tubuh. (Tresno Saras 2023 : 6).


Asyraf Davaq Masyruf

XC

Absen 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar