Teks Laporan Observasi Lidah buaya


       Lidah buaya (Aloe vera: Latin : Aloe barbadensis Miller) adalah sejenis tanaman yang sudah dikenalsejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyenyubur rabut ,penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Kata 'Aloe Vera' berasal dari bahasa arab 'Alloeh' yang artinya bahan pahit yang berkilat dan dalam bahasa latin 'Aloe' berarti pokok, sedangkan 'Vera' berarti tulip atau pokok tulip. Pokok aloe tergolong dalam keluarga tanaman 'Lily'.Lidah buaya diduga berasal dari kepulauan Canary disebelah barat Afrika.Telah dikenal sebagai obat dan kosmetika sejak berabad-abad silam.

        Tanaman lidah buaya merupakan semak tahunan tumbuh tegak, tinggi 30-50cm. Batangnya bulat berserat,warna putih,tidak berkayu. Daunnya panjang 30-50cm,lebar 3-5cm,berdaging tebal, bergetah kuning,hijau. Bunga majemuk,bentuk malai di ujung batang,daun pelindung dengan panjang 8-15mm,benang sari enam,putik menyembul keluar atau melekat pada pangkal kepala sari,tangkai putik bentuk benang,kepala putik kecil,ujung tanduk melebar berwarna jingga atau merah.Buahnya kotak, panjang 14-22cm,berkatup,warna hijau keputih-putihan.Bijinya kecil berwarna hitam.


     Lidah buaya mempunyai banyak manfaaat untuk manusia, diantaranya digunakan untuk perawatan rambut,perawatan kulit,mengobati luka bakar ringan,dan masih banyak lagi.Lidah buaya atau sering disebut dengan aloe vera,menghasilkan dua bahan,yaitu gel dan getah,yang biasanya di gunakan dalam obat-obatan.Manfaat lidah buaya yang paling terkenal adalah sebagai pengobatan berbagai masalah kulit seperti luka bakar, terbakar matahari, frost bite,iritasi dan gatl pada kulit,serta psoriasis.Beberapa orang juga menggunkannya untuk mempercepat penyembuhan luka.


Nama              :Muhammad Akmal Aziz Gunawan

Kelas              :XC

Nomor Absen : 20




Tidak ada komentar:

Posting Komentar