Teks Laporan Observasi Tanaman Pucuk merah

 


Tanaman Pucuk Merah

 

     Tanaman pucuk merah atau bahasa ilmiahnya adalah Syzygium Oleana. Tanaman ini dikenal dan diminati sebagai tanaman hias. Pucuk merah sangat cocok hidup di daerah tropis. Tempat ideal bagi pertumbuhan tanaman pucuk merah adalah di Indonesia yang tropis. Tumbuhan ini merupakan tanaman asli dari Bangladesh, Borneo, Jawa, semenanjung Malaya, Myanmar, Filipina, Sumatera, dan Thailand.

 

     Tanaman pucuk merah memiliki batang berbentuk bulat dan berisi kambium di dalam batangnya. Tanaman ini biasanya tumbuh ringgi sekitar 6 meter jika di tempat yang subur. Selain batang, daun pucuk merah memiliki bentuk lancet yang timbuh rapat antara satu dengan yang lainnya. Warna daun kerika masih baru tumbuh adalah warna merah. Setelah seiring bertambah usia nya, warna daunnya akan berubah menjadi warna hijau.

 

     Selain menjadi kesegaran bagi lingkungan, ada juga manfaatnya. Menurut Budiati, 2022 : 4-9 menjelaskan tanaman pucuk merah memiliki manfaat yang berguna juga bagi lingkungan. Yang pertama sebagai pagar tanaman, banyak orang yang menjadikannya tanaman ini sebagai pagar, mereka membudidayakan dengan metode stek. Yang kedua mampu menyerap karbon, walau memang semua tanaman bisa menyerap karbon, tetapi diantaranya bisa menarik polutan seperti knalpot logam berat. Yang ketiga sebagai pengharumkan ruangan, ini bisa mengharumkan karena terdapat minyak atsiri di dalam daun berwarna merah. Yang keempat sebagai penangkal longsor, sistem akar tunggang yang dimiliki tanaman pucuk merah adalah akar tunggang yang memang cukup kokoh untuk meminimalisir terjadinya longsor.

 

Nama: Rafi Zul Hazmi

Kelas: 10 C

Absen: 30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar