Pemanfaatan Limbah Tutup Galon dalam Bidang Kewirausahaan

        Sampah di Indonesia hingga saat ini, masih menjadi permasalahan serius yang harus segera ditangani. Banyaknya sampah yang menumpuk dan menggunung, disebabkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari masih terus digunakan sebagai kemasan makanan ataupun minuman. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa sampah, terutama sampah plastik memiliki sifat yang sulit terurai oleh mikroorganisme. Hal ini membuat sampah plastik tahan hingga ratusan tahun dan bahkan masih memiliki bentuk yang sama walaupun sudah bertahun-tahun tertimbun oleh tanah. Tentunya hal tersebut menimbulkan dampak besar terhadap lingkungan, mulai dari tercemarnya tanah, baik air tanah maupun makhluk bawah tanah, hingga menurunkan kesuburan tanah.

                                                 

Gambar 1 (sumber: databoks)


Berdasarkan data di atas, sampah plastik pada tahun 2022 berada di posisi kedua jenis sampah terbanyak di Indonesia. Banyak masyarakat yang belum paham cara menangani permasalahan tersebut. Padahal, penanganan sampah plastik bisa dimulai dari diri kita sendiri. Seperti membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, memanfaatkan kembali plastik yang sudah digunakan dan memilah sampah yang dapat didaur ulang. Salah satu jenis sampah plastik yang bisa didaur ulang yaitu limbah tutup galon. Banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa sebenarnya limbah tutup galon dapat didaur ulang menjadi barang-barang yang memiliki nilai harga jual tinggi, contohnya gelas, piring, hiasan dinding, kursi, dan barang lainnya.


    Hiasan Dinding

Gambar 2 (sumber: @ecollabo8)



Gelas

Gambar 3 (sumber: @ecollabo8)


Kursi

Gambar 4 (sumber: @ecollabo8)


 Proses mendaur ulang limbah tutup galon, dilakukan dengan 4 tahapan. Pertama, sampah plastik dipilah terlebih dahulu sesuai dengan tipe plastik dan warna, tak lupa untuk dibersihkan. Tahapan kedua, masuk ke proses penggilingan, semua sampah dimasukkan ke mesin penggiling untuk dipotong menjadi potongan yang lebih kecil. Tahapan ketiga, plastik yang sudah digiling akan dilelehkan agar mudah dicetak. Pada tahapan yang terakhir, hasil dari lelehan ini akan dicetak dan dibuat produk yang bermanfaat dan bernilai.


              

Infografik 1 Proses Pembuatan


Mendaur ulang sampah plastik merupakan salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi jumlah sampah plastik yang menumpuk. Hal ini juga mendukung keberlanjutan dan menghemat sumber daya alam. Selain mengurangi penumpukan sampah, daur ulang sampah plastik akan meningkatkan kreativitas masyarakat untuk menjadikan sampah plastik sebagai barang yang berguna dan bernilai di mata masyarakat. Masyarakat harus mampu memikirkan dan mengolah sampah plastik menjadi barang yang memiliki harga jual dan nilai guna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar