Penjualan Template Canva sebagai Ide Wirausaha


Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Adanya fitur-fitur yang praktis membuat aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, bahkan orang awam sekalipun. Bagi para desainer grafis, Canva dapat dijadikan ladang untuk mencari pundi-pundi uang. Mereka dapat bergabung dengan Canva creator dan menjual hasil desain mereka sebagai template, elemen, dan stok foto.

Pada tahun 2020, terjadi penyebaran virus COVID-19 yang memaksa semua orang untuk beraktivitas di rumah. Keterlibatan dunia digital sangat diperlukan supaya orang-orang masih dapat terhubung antara satu sama lain. Digitalisasi besar-besaran memaksa mereka untuk kreatif dalam memanfaatkan aplikasi di perangkat digital supaya dapat menunjang aktivitas secara efisien. Sebagai contoh, seorang guru memanfaatkan aplikasi Canva untuk membuat halaman presentasi supaya mempermudah penyampaian materi kepada murid-muridnya ketika sesi pembelajaran daring.


Canva pun mengalami dampak dari terjadinya pandemi COVID-19. Fitur-fitur dalam aplikasi desain grafis lain umumnya lebih kompleks sehingga sulit untuk digunakan oleh orang awam. Karena berbagai kemudahan yang ditawarkan, Canva mengalami lonjakan jumlah pengguna sebanyak 16 juta pada tahun 2020, dan terus bertambah hingga mencapai 170 juta pengguna pada akhir tahun 2023.



Kenaikan pengguna Canva yang signifikan memengaruhi pendapatan para Canva creator. Ada sekitar 0,5% dari pengguna Canva berlangganan konten berbayar yang memperbolehkan mereka untuk menggunakan template, elemen, dan stok foto yang dijual oleh para Canva creator. Salah satu kreator Canva, Maliha, memaparkan pengalamannya selama menjadi kreator Canva dalam blognya yang bernama “The Side Blogger”. Maliha mengatakan bahwa ia memperoleh lebih dari $7000 ketika ia merilis banyak template baru. Maliha juga berhasil mendapat lebih dari $2000 per bulan meski dia tidak melakukan promosi ataupun merilis template baru.



Sumber: The Side Blogger


Cara menjual desain di Canva pun cukup mudah. Kreator perlu membuat akun sebagai Canva creator. Kemudian, ajukan portofolio desain untuk direviu oleh pihak Canva. Apabila memenuhi kualifikasi, kreator dapat memublikasi karya supaya dapat digunakan oleh para pelanggan berbayar. Kreator akan mendapatkan royalti berdasarkan performa konten mereka. Ukuran royalti akan bertambah dengan pendapatan langganan Canva yang dapat dihitung setiap bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar